Contoh Idzhar Halqi dalam Surat Al Baqarah

 on Thursday, November 5, 2015  

Mencari Contoh Idzhar Halqi dalam Surat Al Baqarah

Belajar mencari contoh Idzhar Halqi dalam surat Al Baqarah, disni kita akan mencoba mengupas dan mengkaji beberapa contoh Idzhar Halqi yang ada dalam surat Al Baqarah, ini menurut kajian dari penulis. Jikalau ada yang salah mungkin itu memang kelalaian dari saya (penulis), anda dapat mengkoreksi serta memberi masukkanya pada kolom komentar.

Dalam pemebahasannya disni kita akan membahas dan mencari contoh mengenai Idzhar Halqi dalam Surat AL Baqarah dengan memakai Mushaf Al Quran pojok, disini akan membahas contoh idzhar halqi per halamn supaya memudahkan dalam pembahasannya nanti dan anda dapat mengikuti serta mempelajarinya dengan cukup mudah.

Halaman Kedua (2)

Dalam Mushaf Al Quran pojok Surat Al Baqarah dimulai pada halaman kedua (2) jadi anda dapat membuka Al Qur’an dan kita coba lihat bersama-sama pada halaman ke-2 apakah ada contoh idzhar Halqi di halaman ke-2?

Apakah ada Idzhar halqi pada halaman ke-2 dalam Surat Al Baqarah, ya memang Tidak ditemukan ada hukum Idzhar halqi pada halaman ke-2, jadi kita lanjut ke halaman berikutnya.

Halaman Ketiga (3)

Pada halaman ini kita harus berhati-hati karena harus membaca secara hati-hati dan memperhatikan setiap huruf yang ada di halaman ini, Apakah ada huruf Idzhar halqi pada halaman ke-3 ini?.

Karena pada halaman sebelumnya memang kita hanya menemukan 5 ayat awal, pada Surat Al Baqarah di halaman ke-3 ini pasti lebih banyak ayat dan huruf yang harus kita perhatikan. Jadi harus lebih fokus dan kita akan mengingat kembali huruf Idzhar Halqi yang sudah kita pelajari sebelumnya.
Kalau anda belum tahun tentang huruf Idzhar Halqi sebaiknya anda dapat mempelajarinya pada artikel sebelumnya yaitu Idzhar Halqi Beserta Contohnya.

Apakah anda menemukan contohn idzhar halqi pada halaman ke-3 Surat Al Baqarah ini?
Pada halaman ketiga Surat Al Baqarah ini dimulai pada ayat 6, dan diakhiri pada ayat 16, jadi saya mengkaji contoh idzhar halqi pada Surat AL Baqarah 10 ayat pada halaman ketiga ini.
Pada ayat ke-6 Surat Al Baqarah ini ada contoh Idzhar halqi, yaitu pada kata Sawaaun ‘Alaihim. Berikut petikan ayat 6 surat Al Baqarah :
سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ
Pada contoh diatas berarti adalah tanwin fatah bertemu/berhadapan dengan huruf ‘ain.
Selanjutnya pada ayat ke-7
عَذَابٌ عَظِيمُ
Seperti pada ayat ke-6 bahwa ciri dari idzhar halqi ini yaitu tanwin fatah bertemu/berhadapan dengan huruf ‘ain.
Pada ayat ke-8 sampai dengan ayat 9 tidak ditemukan huruf idzhar halqi, selanjutnya pada ayat ke-10 ditemukan idzhar halqi, dengan ciri tanwin fatah bertemu dengan alif/hamzah.
عَذّابٌ أَلِيمُ
Pada ayat ke-11 sampai dengan ayat terakhir pada halaman tiga ini yaitu ayat ke-16 surat Al Baqarah.saya tidak menemukan huruf idzhar halqi. Jadi pada halaman ketiga ini ada 3 contoh huruf idzhar halqi yang dapat ditemukan.

Pada halaman keempat (4)

Pada halaman ini kita mencari kembali huruf idzhar halqi, untuk mengingatkan kembali kepada para pembaca bahwa huruf idzhar halqi itu ada enam (6) huruf yaitu : alif/hamzah, ‘ain, ghain, ha, kho, HA. Kalau anda menemukan nun mati atau tanwin ( entah itu tanwin fatah, tanwin kasroh maupun tanwin dhomah) apabila bertemu/berhadapan setelahnya dengan huruf yang enam (alif/hamzah, ‘ain, ghain, ha, kho, HA ) tadi berarti itu adalah idzhar halqi. 

Penting: untuk belajar tajwid memang harus banyak mengulang/repetisi, dengan begitu kita akan cepat untuk dapat memahami dan menghafalnya. Repetisi dan terus membaca.

Baiklah kita akan lanjut pembahasan mencari contoh Idzhar Halqi pada surat Al Baqarah:
Pada ayat ke-17 tidak ada atau tidak menemukan hukum idzhar halqi.
Pada ayat ke-18 ada huruf idzhar seperti berikut,
بُكْمٌ عُمْىُُ
Pada halaman keempat ini saya hanya menemukan satu (1) contoh hukum idzhar halqi yaitu pada ayat 18 dengan ciri sebagai berikut: yaitu tanwin fata bertemu/berhadapan dengan huruf ‘ain.

Pada kesempatan kali ini Informasi pembahasan mencari contoh hukum idzhar halqi pada surat Al Baqarah ini cukup sekian dulu, saya mohon maaf apabila pembahasannya hanya sampai pada halama keempat saja. Apabila ada kesalahan saya mohon maaf dan ditunggu masukan dan komentarnya pada kolom komentar dibawah artikel ini.

Pada kesempatan yang lain InsyaAllah dengan izin Allah dan doa para pembaca kita akan lanjutkan pembahasan untuk mencari beberapa contoh idzhar halqi dalam Surat Al Baqarah ini.

Wassalam.

Ditulis oleh: Dori Hudori
td-Informasi, Updated at: 11/05/2015 11:45:00 PM
Contoh Idzhar Halqi dalam Surat Al Baqarah 4.5 5 Dori Thursday, November 5, 2015 Contoh Idzhar Halqi dalam surat al baqarah, mencari contoh hukum idzhar halqi dalam surat Al Baqarah. Mencari Contoh Idzhar Halqi dalam Surat Al Baqarah Belajar mencari contoh Idzhar Halqi dalam surat Al Baqarah, disni kita akan mencoba ...


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda ke web ini, Silahkan berkomentar dengan bijak....

The Most Popular Traffic Exchange