Pohon Sengon (Albasia)

 on Tuesday, February 25, 2014  


Sengon yang nama latinnya adalah Albizia chinensis adalah sejenis pohon anggota suku Fabaceae. Pohon peneduh dan penghasil kayu ini tersebar secara alami di India, Asia Tenggara, Cina selatan, dan ntermasuk Indonesia.

Nama lokal Indonesia banyak sekali, di daerah Banten sering disebut dengan Pohon Albasiah, Pohon Albasia, Pohon Jenjing, di Jawa sendiri disebut dengan pohon Sengon.

Kini masyarakat Indonesia umumnya sudah tau dengan pohon ini dikarenakan, hampir diseluruh daerah kini pohon sengon menjadi primadona, sangat menguntungkan untuk investasi jangka menengah. Bibit pohon sengon banyak dijual di pinggir jalan raya. Investasi di pogon sengon juga sangat menguntungkan kisaran harga pasaran dari diameter ukuran kayu

10-15cm kisaran harga 150rb/pohon
15-20cm kisaran harga 200rb/pohon
20Up kisaran harga 300rb-500rb/pohon

Bagi anda yang memang mempunyai tanah yang cukup, coba anda untuk menanam pohon sengon. Karena dari penanaman hingga panen relatif mudah perawatannya hingga pohon tersebut dipanen. Di daerah Banten khususnya, masyarakat kini banyak menanam pohon sengon atau Albasia.

Anda akan dengan mudah mendapati kebun pohon albasia di beberapa daerah Banten. Apabila anda tidak mempunyai tanah dan anda juga ingin investasi pohon sengon, anda juga dapat bekerjasama dengan perusahaan atau pemilik tanah dengan sistem bagi hasil dengan pemilik tanah atau perusahaan penyedia investasi pohon albasia.

Saat ini tidak sulit untuk dapat menemukan perusahaan atau pemilik tanah yang ingin tanahnya ditanami dengan pohon sengon.

Guna Pohon Sengon
Pohon sengon ini sangat berguna untuk bahan baku kertas, peti kemas, bangunan. Selain kayunya daun pohon sengon juga dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak seperti kambing, kerbau ataupun sapi.


Kini dunia perindustrian di Indonesia semakin menignkat dan permintaan pasar akan pohon sengon inipun kian meningkat seiring dengan kemajuan industri peti kemas dan industri kertas yang akan dibutuhkan. Jadi investasi pohon sengon cukup menjanjikan dengan pemanfaatan lahan yang ada.
Ditulis oleh: Dori Hudori
td-Informasi, Updated at: 2/25/2014 02:08:00 PM
Pohon Sengon (Albasia) 4.5 5 Dori Tuesday, February 25, 2014 Sengon yang nama latinnya adalah Albizia chinensis adalah sejenis pohon anggota suku Fabaceae. Pohon peneduh dan penghasil kayu ini ters...


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda ke web ini, Silahkan berkomentar dengan bijak....

The Most Popular Traffic Exchange