Obat Penyakit Ragu-ragu menurut Imam Al Haitami

 on Monday, November 9, 2015  

Ragu-ragu memang sangat mengganggu sekali, terutama ketika kita melakukan ibadah shalat, terkadang keraguan datang pada niat, apakah nait shalat kita sudah benar apa tidak ya? terus dan seterusnya pada bacaan lainnya pula.

Penyakit ragu-ragu ini atau was-was ini berasal dari syetan, dalam upayanya mengganggu kekhusyuan kita melakukan ibadah shalat pada utamanya, entah itu shalat wajib maupun shalat sunnah.

Ragu-ragu ini harus cepat di hilangkan dengan cara sebagai berikut menurut Imam Al Haitami atau dapatlah kita sebut Obat penyakit Ragu-ragu menurut Imam Al Haitami. Sedikit tahu saja bahwa Imam Al haitami ini seorang ulama dari Mesir beliau ahli dalam bidang fikih, ilmu kalam dan tasawuf.


Obat penyakit ragu-ragu menurut Imam Al Haitami dalam kitabnya Al-Fatawa Al-Fiqhiyah Al-Kubro.
1. Tidak menghiraukan, maksudnya yaitu ketika keraguan datang jangan dihiraukan lanjutkan saja, dan yakinkan pada hati, ketika anda ada keraguan dalam niat shalat, teruskan saja dan anda yakinkan bahwa niat anda sah. Yakinlah bahwa takbiratul ihramnya sah. ini adalah cara paling ampuh untuk mengobati keraguan pada saat shalat.
2. Sadar bahwa keraguan itu dari syetan, sehingga kalau kita sadar bahwa itu adalah upaya syetan untuk mengganggu ibadah kita, supaya kita tergelincir dan terus-menerus mengulangi bacaan atau niat, sehingga kita tertinggal waktu untuk dapat berjamaah, sadarkan diri kita bahwa syetan memang musuh bebuyutan kita yang akan mengganggu kekhusyuan ibadah kita.
3. Tancapkan dalam hati bahwa Islam itu mudah. orang yang dihinggapi penyakit keraguan baisanya mengulang bacaan beberapa kali sehingga hilang momentum untuk dapat beribadah secara khusyu, untuk itu Islam itu adalah mudah tidaknya mempersulit pada ibadah, teruskan saja ibadah kita untuk mencapai khusyu.
4. Kurangnya ilmu, ini yang paling terpenting dari beberapa penyakit obat, apabila masih di hinggapi keraguan dalam shalat, berarti harus memperdalam lagi ilmu tentang shalat, belajar lebih tekun lagi, sebab seorang yang berilmu tidak akan dihinggapi rasa keraguan karena mereka tahu akan ilmunya.
5. Bacalah kalimah tauhid sebanyak-banyaknya, dengan begitu kita akan terhindar dari penyakit ragu-ragu, meminta pertolongan hanya kepada Allah semata, dengan membaca kalimat Tauhid.
6. Membaca Ta'awudz, meminta pertolongan kepada Allah atas godaan dari musuh-musuh bebuyutan manusia yaitu syaitan.

Itulah beberapa obat penyakit ragu-ragu menurut Imam Al Haitami dalam kitabnya yaitu AL-Fatawwa Al-Fiqhiyah Al-Kubro. Semoga Informasi ini dapat bermanfaat dan menginspirasi.

sumber bacaan: www.nu.or.id dan wikipedia.org/Al-haitami
Ditulis oleh: Dori Hudori
td-Informasi, Updated at: 11/09/2015 04:14:00 AM
Obat Penyakit Ragu-ragu menurut Imam Al Haitami 4.5 5 Dori Monday, November 9, 2015 Obat penyakit ragu-ragu ketika melakukan ibadah shalat menurut imam Al-Haitami, mengganggu kekhusyuan shalat, Ragu-ragu memang sangat mengganggu sekali, terutama ketika kita melakukan ibadah shalat, terkadang keraguan datang pada niat, apakah nait s...


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda ke web ini, Silahkan berkomentar dengan bijak....

The Most Popular Traffic Exchange