Kerajinan Bambu

 on Tuesday, April 24, 2012  


Kerajinan bambu kini mulai terkikis karena hadirnya teknologi dan alat-alat modern yang menyilaukan mata dan hati kita, sehingga kita lupa akan budaya dan khasanah adat dan seni budaya kita sendiri. kerajinan bambu merupakan seni budaya yang dihasilkan oleh nenek moyang kita mungkin sudah ada beberapa abada yang lalu.

mereka membuat kerajinan bambu hanya untuk memenuhi kebutuhan mereka akan tempat tinggal, karena mereka memebuat kerajinan bambu untuk membuat dinding bambu yang dianyam, biasanya mereka sebut anyaman bambu untuk dindign adalah bilik bambu. mereka membuat dinding, lantai, dan beberapa perabot rumah tangga dengan menganyam bambu yang di belah-belah tipis hingga dapat dianyam. mereka juga membuat aksesoris rumah dan beberapa mebeul mereka sendiri dengan kerajinan bambu, seperti kursi, bangku, beberapa alat masak dan yang lainnya.
mereka membuat dengan alasan kebutuhan untuk membuat kehidupan mereka lebih ringan, dan nyaman serta aman, dengan membuat kerajinan bambu yang notabene adalah bahan bakunya dari alam sekitar mereka. mereka membuat kerajinan sesuai dengan keadaan lingkungan. dan corak dan tipe dari anyaman bambunya pun, mempunyai kekhasan tersendiri. dari bentuk dan corak kerajinan anyaman mereka disesuaiakn dengan alam sekitar mereka.

Kerajinan bambu kini sudah dijadikan sebagai produk yang dapat dijual dan dijadikan sebagai komoditi ekspor, dikarenakan produk yang dihasilkan dari kerajinan bambu bukan saja meliputi dekorasi rumah bahkan dijadikan sebagai mebel atau furniture yang sangat indah dan berkualitas tinggi, tidak salah kalau kerajinan bambu ini dapat diterima karena kreasi dan inovasi desain yang unik dan menarik akan menghipnotis para konsumen yang akan membeli dan menikmati kerajinan bambu indonesia.

Selain dijadikan sebagai Furniture yang cantik dan berkualitas kerajinan bambu juga mengadaptasi budaya nasional yaitu batik dan seni ukiran terhadap kerajinan bambu yang dibuat, sehingga menambah nilai jual serta keunikan tersendiri untuk kerajinan bambu Indonesia.

Ditulis oleh: Dori Hudori
td-Informasi, Updated at: 4/24/2012 10:22:00 AM
Kerajinan Bambu 4.5 5 Dori Tuesday, April 24, 2012 Kerajinan bambu kini mulai terkikis karena hadirnya teknologi dan alat-alat modern yang menyilaukan mata dan hati kita, sehingga kita lup...


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda ke web ini, Silahkan berkomentar dengan bijak....

The Most Popular Traffic Exchange