Contoh Idgam Bigunnah di surat Al Baqarah

 on Wednesday, November 18, 2015  

contoh idgam bigunnah dalam surat al baqarah


Contoh bacaan idgam bigunnah dalam surat Al Baqarah, pada pembahasan sebelumnya yang mengulas tentang Idgam beberapa contoh idgam bigunnah yang diambil dari surat-surat pendek Juz Amma, kini mari kita mencari contoh Idgam bigunnah dalam surat Al Baqarah.

Sebelumnya anda mungkin perlu tahu dulu bahwa huruf Idgam Bigunnah itu ada 4 (empat) yaitu :
Ya(ي), Mim (م), Nun (ن), dan Wau (و),

Idgam merupakan hukum nun mati dan tanwin, yang akan kita cari lebih banyak contoh untuk dapat kita pelajari dan bahas dalam pembahasan kali ini, untuk lebih dapat memperlancar bacaan Al Qur’an kita, dengan banyak mengetahui dan menguasai tajwid berarti akan memperlancar pula cara baca Al Qur’an kita.

Halaman ke-2 (dua) Surat Al Baqarah

Baiklah mari kita mulai mencari contoh idgam bigunnah dalam surat Al Baqarah, pada halaman ke-2. Dalam pembahasan ini saya akan memakai Al Qur’an pojok dengan 15 baris pada setiap halamannya. Jadi bagi anda yang memakai Al Qur’an lainnya juga masih dapat mengikutinya koq karena kita akan membahas ayat-perayatnya.

Mari kita Menuju pada Halaman ke-2 (dua) Surat Al Baqarah, yang terdiri dari ayat 1 sampai dengan ayat 5, Apakah ada contoh bacaan Idgam Bigunnah pada halaman ke-2 (dua) Surat Al Baqarah ini?

Perlu diketahui juga bahwa Jika anda bertemu dengan Nun mati atau Tanwin (tanwin fatah, tanwin kasroh atau tanwin dhomah) yang bertemu atau berhadapan dengan salah satu huruf yang empat tadi itu dinamakan idgam bigunnah atau ma’algunnah. Bagaimana adakah contoh bacaan idgam bigunnah pada halaman ke-2 (dua) Surat Al Baqarah tersebut?

Jawabannya yaitu: Ada, coba lihat pada ayat ke-5 Surat Al Baqarah, kita akan menemukan contoh bacaan idgam bigunnah seperti dibawah ini,
عَلَى هُدًى مِن رَبِّهِمْ
Pada potongan ayat 5 tersebut terdapat contoh bacaan idgam bigunnah dengan ciri tanwin fatah bertemu atau berhadapan dengan huruf mim.

Pada halaman ke-2 (dua) Surat Al Baqarah terdapat 1 (satu) contoh Idgam bigunnah pada ayat ke-5.

Halaman ke-3 (tiga) Surat Al Baqarah

Selanjutnya kita akan mencari contoh idgam bigunnah pada halaman berikutnya, yaitu halaman ke-3 (tiga) dalam Surat Al Baqarah, mari buka Al Qur’annya dan mencari contoh idgam bigunnah.

Apakah ada contohnya?

Ya, ada pada ayat ke-7 (tujuh) : غِشَاوَةُُوَلَهُمْ
Pada contoh idgam bigunnah tersebut dengan ciri tanwin dhomah bertemu atau berhadapan dengan huruf wau.

Mari lanjutkan pada ayat berikutnya, apakah ada contoh idgam bigunnah?
Ya, ada pada ayat ke-8 (delapan) seperti ini: وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ
Contoh tersebut dengan ciri bahwa Nun mati bertemu dengan huruf Ya,

Selanjutnya pada ayat ke-9 (sembilan) tidak ditemukan contoh bacaan idgam bigunnah, tapi pada ayat selanjutnya ayat ke-10 (sepuluh), dapat ditemukan bacaan idgam bigunnah tetapi dengan syarat, lihat contoh berikut:
فَزَادَهُمُ اللَّهُ مَرَضًا وَلَهُمْ
Dikatakan dengan syarat bahwa apabila diwaqof pada kata Marodlo berarti tidak ada idgam bigunnah, dan apabila di washol ini akan menjadi idgam bigunnah, karena tanwin fatah bertemu atau berhadapan dengan huruf Wau.

Mari kita lanjutkan ke ayat berikutnya, apakah ada contoh idgam bigunnah pada ayat selanjutnya, pada ayat ke-11 (sebelas) sampai dengan ayat ke-16 (enambelas), tidak ditemukan contoh bacaan idgam bigunnah.

Pada kesempatan kali ini kita menemukan beberapa contoh dari Hukum Nun Mati dan Tanwin “Idgam Bigunnah” dengan beberapa contoh pada Surat Al Baqarah. Mungkin pada pembahasan kali ini kita baru saja menemukan 4 contoh pada permulaannya, dan semoga anda dapat mencari dan mengkaji contoh berikutnya dalam surat Al Baqarah ini.

Mungkin cukup sekian dahulu bahasan mencari contoh idgam bigunnah dalam surat Al Baqarah kali ini, mungkin InsyaAllah pada kesempatan yang lain, saya akan mencoba menyajikan contoh-contoh idgam bigunnah pada surat-surat lainnya, dengan izin Allah tentunya.

Selanjutnya saya akan coba untuk mencari contoh idgam bilagunnah selain dari idgam bigunnah (ma’algunnah), supaya pembahasanya lebih lengkap dan tuntas. atau anda baca pada postingan sebelumnya ada beberapa contoh Idgam Bilagunnah yang ada pada surat-surat pendek Juz 'Amma. Dengan judul artikel Hukum Bacaan Idgam Beserta Contohnya.

Mohon doa kepada semua semoga pembahasan ini menjadi manfaat, dan dijadikan butiran pahala bagi yang membaca dan juga penulis. Terimakasih, Wassalam.

Ditulis oleh: Dori Hudori
td-Informasi, Updated at: 11/18/2015 10:22:00 PM
Contoh Idgam Bigunnah di surat Al Baqarah 4.5 5 Dori Wednesday, November 18, 2015 Contoh bacaan idgam bigunnah dalam surat Al Baqarah , pada pembahasan sebelumnya yang mengulas tentang Idgam beberapa contoh idgam bigu...


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda ke web ini, Silahkan berkomentar dengan bijak....

The Most Popular Traffic Exchange