Akibat Tingginya Bunga Bank

 on Thursday, February 16, 2012  


Pekanbaru (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI yang membidangi Perindustrian, Perdagangan dan BUMN, Aria Bima mengatakan, salah satu faktor utama, melemahnya daya saing produk Indonesia, akibat terlalu tingginya suku bunga kredit di tanah air. 
"Suku bunga perbankan kita bahkan tertinggi di antara negara anggota ASEAN," katanya kepada ANTARA melalui jejaring komunikasi, Selasa. 
Karena itu, terkait turunnya suku bunga acuan Bank Indonesia atau `BI rate`dari enam menjadi 5,75 persen, diharapkan segera ada perubahan paradigma di kalangan perbankan, terutama bank-bank BUMN. 
"Mestinya perbankan tidak lagi semata-mata mementingkan kinerjanya dalam aspek bisnis keuangan, melainkan juga sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi dan penguatan daya saing nasional," tegasnya. 
Politisi PDI Perjuangan ini mengingatkan, salah satu faktor utama pelemah daya saing produk, adalah, terlalu tingginya suku bunga kredit usaha di Indonesia.

Bunga Penentu Kompetisi

Aria Bima menuturkan, mahalnya bunga kredit dibebankan kepada konsumen berupa tingginya harga jual produk. 
"Dalam konteks rezim perdagangan bebas, yang memberlakukan tarif bea masuk nol persen, disparitas suku bunga antarnegara ini menjadi salah satu faktor penentu kompetisi," tandasnya. 
Negara yang suku bunga kreditnya terlalu tinggi, seperti Indonesia, menurutnya, akibatnya menjadi tidak kompetitif lagi produknya untuk bersaing di pasar regional maupun global. 
"Rendahnya suku bunga kredit perbankan juga penting untuk mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi. Karena bunga kredit yang rendah akan kondusif untuk ekspansi usaha," katanya. 
Ia berharap, pemerintah mestinya tidak lagi memperlakukan bank-bank BUMN sebagai mesin pendulang untung belaka. 
"Pemerintah harus menempatkan bank-bank BUMN sebagai pengakselerasi penguatan ekonomi dan daya saing nasional. Maka, seiring turunnya `BI rate`, bank-bank BUMN harus memelopori tersedianya kredit murah bagi pelaku usaha, terutama kalangan ekonomi lemah (UMKM)," ujar Aria Bima. (rr)

Sumber: Antara.News  
Ditulis oleh: Dori Hudori
td-Informasi, Updated at: 2/16/2012 02:21:00 AM
Akibat Tingginya Bunga Bank 4.5 5 Dori Thursday, February 16, 2012 Pekanbaru (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI yang membidangi Perindustrian, Perdagangan dan BUMN, Aria Bima mengatakan, salah sa...


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda ke web ini, Silahkan berkomentar dengan bijak....

The Most Popular Traffic Exchange