Tanaman Obat

 on Monday, December 1, 2014  

Indonesia adalah tempatnya tanaman obat yang memang sudah di kenal sejak nenek moyang, beberapa tanaman asli Indonesia sudah di ekstrak menjadi obat herbal yang memiliki banyak khasiat.
beberapa tanaman obat yang sudah banyak dikenal di indonesia maupun khasiatnya:


  1. Jahe: jahe adalah tanaman yang memang berkhasiat untuk menghangatkan tubuh dikala diserang dingin, dan jahe juga ternyata ada 2 jenis yaitu jahe merah dan jahe putih, dapat berkhasiat menjadi obat batuk, melancarkan peredaran darah, obat kembung, migrain, demam, mencegah perut buncit, mengobati sakit gigi, anti alergi, mengobati mabuk perjalanan, obat jerawat, menurunkan tekanan darah, meredakan rasa sakit, menurunkan berat badan, dan banyak lagi khasiat dari jahe. oleh karena itu jahe sering disajikan oleh tukang jamu gendong untuk rasa pemanisnya, yang disebut wedang jahe, penghangat tubuh. kalau minuman khas Indonesia yang terbuat dari jahe yaitu bandrek yang dapat mengahangatkan tubuh diwaktu dingin dimalam hari, asal minuman ini dari parahyangan Sunda.
  2. Kunyit: kunyit atau kunir, temu kuning, dan banyak nama daerah lainnya, memang tanaman obat yang satu ini adalah tanaman yang sering dipakai untuk bumbu masakan supaya tidak bau amis, seperti memasak ikan, dan lauk-lauk yang berbau amis. selain untuk bumbu masak ternyata kunyit ini berkhasiat untuk obat karena kandungan zat curcuma yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti sebagai atiseptik alami, mempercepat penyembuhan pada luka, mempunyai sifat antikanker, mendetoksifikasi atau menghalang rasun dari tubuh kita, meremajakan sel pada tubuh, sehingga dapat meremajakan sel dan tentunya mengahmabat penuaan dini, dan juga berkhasiat untuk perawatan kulit.
  3. Temulawak: adalah tanaman rimpang seperti yang telah dibahas diatas sama dengan jahe dan kunyit adalah tanaman rimpang yang berkhasiat untuk pengobatan dan pencegahan pula, beberapa khasiat tanaman obat ini untuk pencegahan penyakit yaitu memelihara fungsi hati supaya terus dapat berfungsi dengan baik, mengurangi radang sendi, menignkatkan fungsi pencernaan, membantu menurunkan lemak darah, dan melawan kanker. khasiat tanamn obat temulawak ini untuk pengobatan yaitu untuk pengobatan beberapa penyakit yaitu; hepatitis, obat asma, Sakit Ginjal, dan juga menyembuhkan bisul.
Itu beberapa tanaman obat yang mungkin dapat saya sampiakn disini semoga dilain kesempatan kita dapat membahas tanaman obat yang lainnya.
Ditulis oleh: Dori Hudori
td-Informasi, Updated at: 12/01/2014 02:34:00 AM
Tanaman Obat 4.5 5 Dori Monday, December 1, 2014 Indonesia adalah tempatnya tanaman obat yang memang sudah di kenal sejak nenek moyang, beberapa tanaman asli Indonesia sudah di ekstrak me...


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda ke web ini, Silahkan berkomentar dengan bijak....

The Most Popular Traffic Exchange