Asmaul Husna : Al Mu’min

 on Tuesday, August 5, 2014  


Asmaul Husna : Al Mu’min 
( Yang Maha Terpercaya / Yang Maha Mengaruniakan Keamanan )

Definisi dan pengertian
Al Mu’min dalam Al Quran definisinya yaitu Maha Mengaruniakan Keamanan,  tersebut dalam Surat Al Hasyr Ayat 23 sebagai berikut:

هُوَ اللهُ الَّذِي لآَإِلَهَ إِلاَّهُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلاَمُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ سُبْحَانَ اللهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ {23}
Artinya: “Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Maha Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Dalam ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah yang berkuasa atas segala keadaan yang ada di bumi ini serta semesta alam, oleh karena itulah meminta pertolongan hanya kepada-Nya yang berkuasa serta memberi rasa aman di dunia ini.

Ketenangan hati akan kita dapat dalam ketakwaan terhadap-Nya, dengan melaksanakan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

Keteladanan
Dalam meneladani sifat Allah Al Mu’min yang berarti Pemberi Rasa Aman, berarti kita harus meminta rasa aman hanya kepada Allah Yang Maha Mengaruniakan Keamanan, serta memelihara setiap sendi kehidupan kita, berarti kita harus dapat menjaga rasa aman ini dengan tetap bersyukur atas nikmat-Nya serta menjalankan perintah-Nya. Tak sepatutnya kita menjadi orang yang angkuh serta meninggalkan segala perintahnya untuk dapat berusaha menjaga keamanan dalam kehidupan kita seperti menjag keamanan dalam keluarga, lingkungan dan negara serta dunia ini.

Dalam keluarga memberi keamanan kepada anggota keluarga adalah keharusan pemimpin keluarga, menciptakan rasa nyaman hidup dalam keluarga. Dalam lingkungan adalah penjaga keamanan entah itu sekuriti atau hansip, dalam negara ada polisi dan tentara yang siap menjaga keamanan dan kenyamanan tiap penduduk negeri, meraka itu adalah contoh kecil keteladanan terhadap sifat Allah Al Mu’min. Dan tentunya mereka menyifati sifat Allah karena kewajiban yang mereka emban untuk menjaga keamanan setiap anggota dalam lingkungan mereka. Dengan adanya penjaga keamanan dalam negara maupun lingkungan kita, tentunya tidak melupakan kita untuk tetap ingat bahwa Allah yang telah menciptakan semua elemen pada lingkungan dan negara kita.

Sebagai contoh Allah menciptakan kulit serta bulu-bulu halusnya untuk memberikan rasa aman terhadap apa yang ada dibalik kulit tersebut seperti daging serta organ-organ lain di tubuh kita dengan berlapis, selain kulit ada tulang yang berfungsi untuk melapisi dan menjaga organ dalam kita. Subhanallah.... Allah telah menciptakan segala nikmat terhadap kita melalui segala apa telah ia berikan, begitu banyak nikmat yang telah diberikan. Kita hanya diperintahkan untuk dapat menjauhi dan meninggalkan larangan-Nya serta mematuhi segala perintahnya.

Kesimpulan

Dalam kesempatan ini kita dapat menyimpulkan bahwa kita adalah mahluk yang diciptakan oleh Allah yang dapat hidup layak di dunia ini dengan segala kenikmatan yang telah diberikan-Nya, sepatutnyalah kita harus mensyukuri nikmatnya di dunia ini dengan berdzikir dan selalu ingat terhadap Maha Pencipta Alam Semesta Allah Subhanallahu Wata’ala. Dengan bertakwa terhadap-Nya.



Ditulis oleh: Dori Hudori
td-Informasi, Updated at: 8/05/2014 08:36:00 PM
Asmaul Husna : Al Mu’min 4.5 5 Dori Tuesday, August 5, 2014 Asmaul Husna : Al Mu’min   ( Yang Maha Terpercaya / Yang Maha Mengaruniakan Keamanan ) Definisi dan pengertian Al Mu’min dalam ...


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda ke web ini, Silahkan berkomentar dengan bijak....

The Most Popular Traffic Exchange