Jadikan Al Qur'an Sebagai pelita Hati dan Rumahmu

 on Monday, November 23, 2015  


Al Qur'an adalah sebuah Kitab Suci yang diturunkan oleh Allah dengan perantaraan Malaikat Jibril kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Al Qur'an sebagai pedoman hidup orang islam, yang diturunkan secara berangsur-angsur agar dapat dipahami oleh manusia dan dengan mudah untuk dipelajari, dan membacanya adalah sebuah amal ibadah.

Kita sudah tahu bahwa satu huruf Al Qur'an akan dibalas oleh Allah sebuah kebaikan yang kebaikan itu akan berbuah kebaikan pula menjadi 10 kali lipatnya, maka membaca dan memahami makna dari ayat Al Qur'an adalah sebuah amal ibadah.

Beberapa hadits yang mengungkapkan banyak keutamaan membaca ayat Al Qur'an sebagai pelita hati, sebagai penerang jiwa dan rumah kita. coba perhatikan dan resapi beberapa hadits dibawah berikut ini:

"Bacalah Al Qur'an, Sesungguhnya pada hari kiamat Ia akan menjadi syafaat kepada pembacanya" (HR. Muslim).

"Tidaklah berkumpul suatu kaum dalam satu rumah Allah untuk membaca dan mempelajari Al Qur'an kecuali turun atas mereka sakina dan rahmat serta diliputi oleh malaikat serta Allah sebut di hadapan malaikat (Sisi-Nya)" (HR. Muslim)

"Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al Qur'an dan mengajarkannya" (HR. Bukhori)

Beberapa hadits diatas menjelaskan bahwa keutamaan dan manfaat Al Qur'an yang ketika membaca dan mempelajarinya akan mebawa ketenangan jiwa serta ketenangan kepada para pembacanya, tentu saja dengan cara mempeajari cara membacanya dengan benar, seperti sesuai dengan ilmu membaca Al Qur'an, benar membaca hurufnya, Tajwidnya dan membacanya dengan tartil.

Mari jadikan Al Qur'an sebagai pelita hati dan rumah, dengan membaca dan mempelajarinya di setiap waktu, terutama di rumah anda dapat mempelajarinya bersama anak anda, dan sebaik-baiknya seorang muslim adalah mempelajari dan mengajarkannya. Dengan begitu jika anda dapat mengajarkannya walaupun satu huruf kepada anak anda, semoga itu menjadi amal ibadah yang membawa syafaat di hari akhirat kelak.

Apalagi  jika dapat menghafalnya, dan dapat mentababburi setiap ayatnya, itu adalah kenikmatan yang tiada tertara, semoga Allah menurunkan hidayah dan inayahnya kepada kita untuk dapat selalu mendekat kepada Al Qur'an dan dapat membaca, mempelajari serta menghafalnya.

Baca juga : Keutamaan Menghafal Al Qur'an

Tapi dengan syarat juga anda harus terus belajar dan terus meminta pertolongan (dengan berdoa) hanya kepada Allah semata, sesuai dengan ayat pada QS. Al Fatihah ayat 5.
"hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan"
dengan anda hanya bergantung kepada Allah maka akan turun pertolongan Allah dengan cara shalat tepat waktu dan selalu meminta (berdoa), tapi sebagai manusia kodratnya yaitu untuk selalu berusaha dan meminta pertolongan dan bantuan kepada Allah semata.

Ditulis oleh: Dori Hudori
td-Informasi, Updated at: 11/23/2015 05:00:00 AM
Jadikan Al Qur'an Sebagai pelita Hati dan Rumahmu 4.5 5 Dori Monday, November 23, 2015 Al Qur'an adalah sebuah Kitab Suci yang diturunkan oleh Allah dengan perantaraan Malaikat Jibril kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Al...


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda ke web ini, Silahkan berkomentar dengan bijak....

The Most Popular Traffic Exchange