Makna Kalimat Agung "Hasbunallahu Wa Ni'mal Wakiil"

 on Monday, January 5, 2015  


Agungnya kalimat Hasbunallahu Wa Ni'mal Wakiil yang artinya yaitu Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah sebaik-baik Sandaran, kalimat tersebut sarat akan makna keagungan Allah, bahwa Allah lah satu-satunya penolong disaat kita terpuruk dan terjatuh, disaat dilanda kepedihan, kesedihan, kemelarataan, makna yang terkandung dalam kalimat Hasbunallahu Wa Ni'mal Wakiil adalah jika kita adalah hamba yang beriman kalimat ini adalah modal untuk mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat.

makna yang terkandung sangat indah, yaitu kita hanya bersandar kepada Allah Ta'ala dan hanya Dia sang Maha Penolong, Yang Maha Memelihara, mengharapkan kebaikan dari-Nya adalah menjauhi larangan serta mendekatkan diri dengan perintahnya. apabila kita sudah mendekatkan diri pada Sang Maha Pemberi maka apa pun yang kita inginkan dan Allah mengehendaki maka bahagialah hamba.

Hasbunallahu Wa Ni'mal Wakiil beberapa kali disebutkan dalam Al Qur'an pada surat Al Ahzaab:36 yang artinya yaitu "Dan cukuplah Allah sebagai Pembuat Perhitungan", dengan makna tersebut hanya Allah lah yang patut tahu akan apa yang kita kerjakan dan apa yang akan kita dapatkan di dunia ini dan di akhirat nanti, dengan bertawakal kepada-Nya, dengan di dahului niat yang baik serta melaksanakan niat baik dengan cara yang patut dan sesuai syariat.

Maknanya adalah yang mengetahui bagian-bagian dan ukuran-ukuran yang para hamba mengetahuinya semisal ukuran-ukuran tersebut dengan cara menghitung, adapun Allah mengetahuinya tanpa menghitung.

Yaitu Allah akan mencukupkan urusan  agama dan dunianya, Yang menghilangkan kesedihan dan kegelisahannya, dan seluruh kecukupan diperoleh maka tidaklah diperoleh kecuali dengan Allah, atau dengan sebagian makhlukNya, dan seluruh kecukupan yang diperoleh dengan (sebab) makhlukNya maka sesungguhnya diperoleh denganNya.

"Hasbunallah wani'mal wakiil" (Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah sebaik-baik Sandaran) yaitu Allah cukup bagi orang yang bertawakkal kepadaNya, yang berlindung kepadaNya, Dialah yang menghilangkan ketakutan dari seorang yang sedang takut, Dia melindungi orang yang meminta perlindungan, Dialah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Barangsiapa yang berloyal kepadaNya, meminta pertolonganNya, bertawakal kepadaNya, serta menyerahkan segala urusannya kepadaNya, maka Allah akan melindunginya dengan penjagaanNya dan naunganNya. Barangsiapa yang takut kepadaNya dan bertakwal kepadaNya maka Allah akan menjadikannya aman dari segala yang ia takutkan dan kawatirkan. Serta Allah akan mendatangkan baginya seluruh kemanfaatan yang ia butuhkan.
 
mengutip dari website www.firanda.com tentang terjemahan Khutbah Masjid Nabawi 4/3/1436 H – 26/12/2014 M Oleh : Syaikh Abdul Baari Ats-Tsubaiti hafizohulloh, mengenai Agungnya kalimat "Hasbunallah Wa Ni'mal Wakiil".


Ditulis oleh: Dori Hudori
td-Informasi, Updated at: 1/05/2015 03:07:00 AM
Makna Kalimat Agung "Hasbunallahu Wa Ni'mal Wakiil" 4.5 5 Dori Monday, January 5, 2015 Agungnya kalimat Hasbunallahu Wa Ni'mal Wakiil yang artinya yaitu Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah sebaik-baik Sanda...


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda ke web ini, Silahkan berkomentar dengan bijak....

The Most Popular Traffic Exchange