Koperasi

 on Wednesday, January 11, 2012  

KOPERASI

Berbicara tentang koperasi kita mengenal bahwa koperasi adalah sebuah badan usaha yang memang sudah kita kenal tapi belum begitu dipakai sebagai kegiatan usaha yang menjadi sokongan untuk meraih pendapatan yang lebih dan bisa menjadi andalan. Mungkin hanya beberapa saja yang sudah merasakan bagaimana koperasi dapat diandalkan sebagai suatu usaha yang dapat menghasilkan dan menjadi andalan pendapat rumah tangga.
Dilihat dalam sejarah perkoperasian di Indonesia, kita punya bapak koperasi adalah bapak negara ini sendiri yaitu Bung Hatta sebagai proklamator, kia sendiri punya Kementrian Koperasi, UU tentang koperasi sudah ada. Jadi apa permasalahannya sehingga gaung koperasi di Indonesia ini tidak begitu mengembirakan tidak seperti koperasi-koperasi dari negara lain seperti Perancis dengan koperasinya yang dikenal yaitu Credit Agrocole Group, atau yang dari Belanda yaitu Rabo Bank yang anda pasti kenal tiu adalah sebuah koperasi yang sudah menjadi kelas dunia, yang pastinya omset mereka sudah kelas dunia.

Mengapa koperasi di kita begitu lesu?,

Mungkin pengetahuan masyarakat kita tentang perkoperasian masih sangat minim dan masyarakat kita hanya di jejali hanya dapat meminjam dan membayar angsuran pinjaman serta bunganya ke koperasi dan tidak mendapatkan apa manfaatnya menjadi anggota koperasi, dalam UU No. 25 tahun 1995 bahwa Koperasi adalah suatu badan usaha sebagai gerakan usaha rakyat berdasarkan asaz kekeluargaan. Yang dapat diartikan bahwa koperasi adalah alat usaha rakyat untuk mendapatkan apa yang disebut kesejahteraan, dengan adanya koperasi rakyat dapat meningkatkan kualitas hidup mereka dan bukan hanya mendapatkan pinjaman saja tetapi juga mendapatkan manfaat dari koperasi itu sendiri yaitu mendapat deviden atau SHU=sisa hasil usaha pada setiap tahunnya.
SHU ini yang akan menjadi pendapatan setiap anggota yang dapat membantu selain pinjaman atau kemudahan lain yang diberikan oleh koperasi kepada setiap anggotanya, dan kita dapat memberikan masukan untuk memajukan dan perkembangan koperasi itu sendiri, dengan kata lain adalah Anggota koperasi adalah pemegang saham sebagaimana pemegang saham pada perusahaan-perusahaan berbadan hukum.
Sudah saatnya koperasi menjadi sokoguru sebagaimana cita-cita bangsa ini untuk mensejahterakan rakyatnya, dengan berasazkan kekeluargaan mari kita bangun perkoperasian di Indonesia serta memberikan pengetahuan dan informasi koperasi dengan benar dan dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
Mari rubah paradigma bahwa menjadi anggota koperasi hanya dapat meminjam saja tetapi kita dapat memanfaatkan dan meningkatkan kualitas hidup kita menjadi lebih baik lagi.

Ditulis oleh: Dori Hudori
td-Informasi, Updated at: 1/11/2012 07:17:00 PM
Koperasi 4.5 5 Dori Wednesday, January 11, 2012 KOPERASI Berbicara tentang koperasi kita mengenal bahwa koperasi adalah sebuah badan usaha yang memang sudah kita kenal tapi belum beg...


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda ke web ini, Silahkan berkomentar dengan bijak....

The Most Popular Traffic Exchange