Pengetahuan Konsumen

 on Wednesday, March 30, 2011  


Negara kita sangatlah Indah dan kaya dengan sumber daya alam dan itu kayaknya telah mengubah kita menjadi negara yang konsumtif dari beberapa sumber yang mengakatannya, tetapi kita harus menjadi konsumen yang cerdik dan tentunya tahu tentang produk yang kita konsumsi serta apa manfaatnya bagi kita.
saya mencoba untuk menerangkan sekelumit pengetahuan saya tentang pengetahuan konsumsi yang saya dapat dari kuliah di hari minggu.
definisi pengetahuan konsumen :
1. ada informasi
2. tentang apa ( produk barang dan jasa )
3. pengetahuan lain tentang produk tersebut
4. adanya fungsi dari produk tersebut

jenis pengetahuan
  1. Pengetahuan Deklaratif : fakta subjektif yang diketahui oleh seorang konsumen.
  2. Pengetahuan Prosedur : tatacara penggunaan tersebut
  3. Pengetahuan Objektif : informasi yang menjelaskan tentang kelas produk, mengenai produk dalam jangka panjang
  4. Pengetahuan Subjektif : persepsi konsumsi menganai apa dan berapa banyak yang diketahui mengenai kelas produk
Tingkat pengetahuan produk
kumpulan berbagai informasi mengenai suatu produk
  1. kelas produk
  2. varian
  3. item
  4. brand
  5. fitur
  6. style/motif
  7. ukuran/ berat
  8. aroma
  9. rasa
  10. bentuk, dll
Atribut Produk : perlengkapan yang mengikuti / meliputi dalam produk
1. Kemasan : suatu alat untuk melindungi dan pembungkus suatu produk
a. primer : menyatu dengan produk yang di jual; contoh : air mineral dengan botolnya.
b. sekunder : yang terpisah dengan kemasan primer; contoh : handphone dengan dusnya.
c. distribusi : berisi tentang beberapa jumlah dalam kemasan sekunder/ beberapa produk
sekunder; contoh : roko satu slop berisi beberapa bungkus rokok.
2. Label : suatu informasi yang melekat pada produk yang berisi tentang informasi produk tsbt.
isi label : komposisi, berat netto, tanggal exp, produsen, status halal, efek samping, aturan
pakai, logo, kode produksi, lisensi, nama produk, promo dll.
3. Segel : sistem pengamanan yang mempunyai arti produk mempunyai kondisi masih original.
4. Surat kepemilikan
5. Kelengkapan produk

Manfaat produk
ini mungkin yang harus dapat kita cermati dari beberapa produk yang produsen tawarkan.
1. Manfaat Fisiologis : yang di dapatkan dan dirasakan oleh tubuh kita.
2. Manfaat Psikologis : aspek psikologis & aspek sosial yang dirasakan konsumen pada saat dan setelah menggunakan produk tertentu ( biasanya tergolong barang-barang mewah )

Resiko Penggunaan produk
- sesuatu yang dapat terjadi pada saat menggunakan produk tersebut (biasanya efeknya negatif)
  1. Resiko Fungsi : muncul karena produk tidak sesuai dengan yang kita harapkan.
  2. Resiko Keuangan : kesulitan yang dihadapi konsumen pada saat membeli produk / jasa.
  3. Resiko Fisik : dampak negatif yang dirasakan konsumen secara fisik akibat mengkonsumsi suatu produk.
  4. Resiko Psikologis : karena mengkonsumsi dan menggunakan suatu produk, muncul jika lingkungan memakai produk yang sama.
  5. Resiko Sosial : persepsi konsumen mengnai pendapat terhadap dirinya dari orang sekelilingnya karena mengkonsumsi produk atau jasa.
  6. Resiko Waktu : yang muncul oleh konsumen karena mengkonsumsi suatu produk / jasa.
  7. Resiko Kehilangan Kesempatan : suatu kesempatan yang hilang karena kebutuhan yang sama harus di pilih salah satu.
mungkin sekian tulisan saya, semoga bermanfaat dan kita harus cerdas memilih produk yang kita akan beli dan pergunakan entah itu produkberbentuk barang maupun jasa.
SEMOGA KITA MENJADI KONSUMEN YANG CERDAS.
Ditulis oleh: Dori Hudori
td-Informasi, Updated at: 3/30/2011 06:42:00 AM
Pengetahuan Konsumen 4.5 5 Dori Wednesday, March 30, 2011 Negara kita sangatlah Indah dan kaya dengan sumber daya alam dan itu kayaknya telah mengubah kita menjadi negara yang konsumtif dari beberap...


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda ke web ini, Silahkan berkomentar dengan bijak....

The Most Popular Traffic Exchange