Asmaul Husna : As-Salam ( Yang Maha Sejahtera )

 on Sunday, February 2, 2014  


As Salam yang bermakna keselamatan dan keterhindaran dari segala yang tercela. Dia adalah sumber dari keselamatan dan kesejahteraan.

Nama dan sifat Allah As Salam ini disebut dalam Al Qur’an dalam surat Al-Hasyr (59): 23

Dialah Allah yang tiada sesembahan selain Dia, Maha Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan”.

Imam AL Ghazali r.a. menjelaskan bahwa makna As Salam adalah keterhindaran dzat, sifat dan perbuatan dari segala aib, dari segala kekurangan dan dari segala kejahatan serta keburukan.

Penjelasan tersebut yang dikemukakan oleh Al Ghazali sudah jelas bahwa pada hakikatnya tidak ada sedikit keburukan atau kejahatan yang bersumber dari-Nya, disisi lain pemikiran dan banyak dipertanyakan “mengapa ada kejahatan, kenapa ada penyakit, kemiskinan, kenapa ada keburukan?, para ahli tasawuf islam, memberikan jawaban apa yang selama ini dinamai sebagai kejahatan atau keburukan, hakikatnya hanya ada pada pandangan nalar manusia saja.

Allah berfirman dalam Al Qur’an surat As Sajdah (32):7
Dia-lah yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah

Dalam ayat  tersebut menjelaskan bahwa yang diciptakan oleh Allah SWT adalah baik, keburukan adalah akibat keterbatasan pandangan (perspektif) nalar manusia memandang sesuatu. Keburukan bagi seseorang belum tentu burukbagi orang lain. Allah SWT menggambarkannya dalam firmannya: surat Al Baqarah (2): 216

“diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal itu buruk bagimu, Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui

Keterangan diatas menekankan bahwa keburukan bersifat nisbi, seperti banjir yang datangnya buruk bagi sebagian orang dan menguntungkan bagi sebagian yang lainnya, bagi yang sedang kebanjiran mereka mungkin harus mengungsi di tenda seadanya serta harus rela barang-brang yang dirumah haru terendam banjir, tapi bagi yang lain mereka dapat keuntungan dengan mengojek mengantarkan para karyawan serta yang mengendarai motor untuk menyebrangi banjir sehingga mere mendapatkan karena usahanya ini adalah keuntungan bagi mereka, menjual jasa penyebrangan atau sang penangkap ikan yang panen tangkapan ikan, buruk bagi sebagian orang dan baik bagi sebagian yang lainnya dilihat dari hikmah yang Allah berikan. Contoh lainnya lagi seperti singa, buaya, harimau dan hewan predator lainnya mereka mungkin adalah ancaman dan bahaya bagi sebagian hewan yang dimangsanya, tetapi disini adalah kebaikan karena ini untuk keseimbangan alam ditinjau dari hikmah yang diberikan Allah SWT, karena itu akan menstabilkan ekosistem alam yang ada dan membuat rantai makanan yang tersedia di alam menjadi utuh.

Disini kita harus dapat mengamil hikmah dari pelajaran yang diberikan oleh Alah entah itu sesuatu yang baik maupun keburukan. Bahwa sifat Allah As Salam menuntut kita untuk menghindari penyakit hati, jiwa, akal, indrawi dan fisik, dari segala kekurangan, dengki (hasud) serta keinginan untuk berbuat kejahatan (keburukan).

Beberapa point yang dapat kita aplikasikan menurut sifat Allah As Salam (Yang Maha Sejahtera)
1.   Berfikir positif membuat kita lebih sadar bahwa kebaikan yang telah diberikan adalah karunia-Nya, dan keburukan yang diberikan harus kita sikapi dengan lapang dada dan ikhlas, dibalik keburukan pasti ada hikmah yang telah Allah berikan untuk kita ataupun yang lain.
2.  Menjauhkan diri kita dari penyakita hati : dengki (hasud), berprasangka buruk, iri, riya, takabur dan lainnya.
Selalu mendekatkan diri kepada Allah karena Allah lah yang Maha Sejahtera dan Yang Memberikan Keamanan, selalu berdo’a dan meminta pertolongan hanya kepada-Nya.

Ditulis oleh: Dori Hudori
td-Informasi, Updated at: 2/02/2014 07:30:00 PM
Asmaul Husna : As-Salam ( Yang Maha Sejahtera ) 4.5 5 Dori Sunday, February 2, 2014 Asmaul Husna As Salaam Yang Maha Sejahtera - Yang Maha Menyelamatkan As Salam yang bermakna keselamatan dan keterhindaran dari segala yang tercela. Dia adalah sumber dari keselamatan dan kesejahteraan. ...


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda ke web ini, Silahkan berkomentar dengan bijak....

The Most Popular Traffic Exchange